Rabu, 14 Oktober 2009

Portal Informasi Industri Kreatif Diluncurkan

Oleh : Maria Y. Benyamin & Linda T. Silitonga

JAKARTA (bisnis.com): Depdag meluncurkan portal informasi pertama industri kreatif Indonesia yang beralamat beralamat di www.indonesiakreatif.net.

Portal tersebut akan berfungsi sebagai portal/gerbang informasi yang mengintegrasikan seluruh informasi dari pemerintah selaku pembuat kebijakan, para pelaku kreatif, pelaku bisnis dan pemangku kepentingan lainnya.

Mendag Mari Elka Pangestu mengatakan dalam jangka panjang, portal ini tidak hanya akan berfungsi untuk memberikan informasi satu arah tetapi lebih menjadi portal yang tumbuh sebagai akibat dari aktivitas para pemangku kepentingan dalam portal ini.

"Sesuai dengan janji kami sebelumnya, kini kami meluncurkan portal industri kreatif. Semoga kehadiran portal ini bisa bisa menjadi media dalam melakukan forum diskusi yan konstruktif bagi perkembangan industri kreatif ke depannya," kata Mari di sela-sela peluncuran portal itu sekaligus konferensi pers terkait pameran Trade Export Indonesia (TEI).

Menurut dia, pertumbuhan dan kontribusi industri kreatif Indonesia terhadap total perekonomian Indonesia makin menunjukkan angka-angka yang signifikan.

Dari hasil studi pemetaan Depdag mengenai konstribusi ekonomi industri kreatif pada 2007, estimasi rata-rata kontribusi PDB ekonomi kreatif terhadap PDB periode 2002-2006 adalah 6,3% atau setara dengan Rp154 triliun.

"Kami harapkan portal tersebut bisa lebih mendukung pertumbuhan industri kreatif ke depannya," tambahnya. (tw)

Sumber : Bisnis Indonesia, 13.10.09.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar